Recent Posts

MUNCULNYA BERBAGAI MADZHAB


Kemudian selesai masa Muhajirin dan Anshar, wafatlah para sahabat radhiyallahu'anhum, wafatlah kesemua wajah mulia yang menyaksikan hadits dan turunnya ayat, maka mulailah para Tabi'-Tabi'in risau jikalau hadits-hadits Rasul saw. akan dilupakan atau dipalsukan, maka mereka mulai menulis hadits-hadits itu, serta men-tash-hih-kan hadits dengan Ilmu Musthalahul Hadits, yang sebelumnya tak pernah diperintahkan oleh Rasulullah saw. untuk memilah-milah hadits beliau saw., namun hal ini diada-adakan oleh para Ulama demi terjaganya Syariah Islamiyah dan Sunnah Nabawiyyah. Kemudian mulailah timbul ikhtilaf (perbedaan) dalam pemahaman hadits dan ayat, maka demi menyelamatkan ummat terbentuklah Madzhab, agar muslimin bisa berpedoman pada satu Imam dalam pengamalan Ibadahnya.

RABI’UL AWWAL = MOMEN SEMPURNA
Kemudian mulai redup pulalah semangat ummat untuk peduli kepada sunnah, semakin banyak orang yang meninggalkan shalat, semakin banyak orang yang hanya berfikir dunia dan dunia, maka barat dan timur dipenuhi kerusakan akhlaq dan kedzaliman, maka para pejuang sunnah mulai mencari cara untuk kebangkitan sunnah dan menggelar Medan Dakwah Akbar yang dapat memadukan muslimin dalam satu perkumpulan, demi silaturahmi, agar mereka mendengarkan Tabligh (penyampaian tentang Islam), dan demi bangkitnya semangat baru.
Namun kebangkitan semangat ini butuh lambang pembangkitnya, bukan Ramadhan, bukan Idul Fithri, bukan Idul Adh-ha, karena hari-hari itu sudah umum, maka mereka mengambil kesimpulan bahwa simbol kebangkitan umat adalah hari kelahiran Baginda Rasulullah saw., hari mulia yang mengawali kebangkitan Risalah.

Rabi'ul Awwal bukan hanya bulan kelahiran Sang Nabi saw., namun juga bulan Hijrah Rasulullah saw ke Madinah, sebagaimana tertera dalam semua buku sejarah bahwa Hijrah Rasul saw bukanlah pada bulam Muharram, namun Sayyiduna Umar bin Khattab ra. memulai penanggalan Hijriah pada 1 Muharram karena di bulan itulah sahabat mulai berhijrah ke Madinah, namun Hijrah Rasul saw. adalah pada Rabiul Awwal, dan di bulan ini pula Rasulullah saw. wafat.

0 Response to "MUNCULNYA BERBAGAI MADZHAB"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel