Recent Posts

POTRET KEHIDUPAN NABI MUHAMMAD SAW


saw. ini dan kopi anget yang tersaji (hehe), Insya Allah akan terus meluncur riwayat-riwayat mengenai Sang Nabi saw, untuk menambah pengetahuan para pemuda tentang bagaimana sih Rasulullah Muhammad saw. itu??? Sampe-sampe anak-anak Nahdliyyin kayaknya pada kenceng-kenceng banget kalo shalawatan bahkan sampai ada yang meneteskan air mata saat membaca qashidah Assalamu ‘Alaik dan semacamnya???

Seorang lelaki bertanya kepada Albarra’ bin Azib ra, “Apakah wajah Rasul saw seperti pedang?” (maksudnya: bukankah beliau banyak berperang, apakah wajahnya bengis bak penguasa kejam?), maka menjawablah Albarra’ bin Azib ra, “Tidak…Justru wajah beliau bagai Bulan Purnama”, (kiasan tentang betapa lembutnya wajah beliau yang dipenuhi kasih sayang) (Shahih Bukhari hadits no.3359, hadits serupa Shahih Ibn Hibban hadits no.6287).

Diriwayatkan oleh Jabir bin Samurah ra., “Wajah beliau saw. bagaikan Matahari dan Bulan” (Shahih Muslim hadits no.2344, hadits serupa pada Shahih Ibn Hibban hadits no.6297), demikian pula riwayat Sayyidina Ali kwh. yang mengatakan, “Seakan akan Matahari dan Bulan beredar di wajah beliau saw”. (Syamail Imam Tirmidzi), demikian pula diriwayatkan oleh Sayyidina Umar bin Khattab ra bahwa “Rasul saw adalah manusia yang bibirnya paling indah”.

Al-Imam Al-Hafidh Syeikh Abdurrahman Ad-Diba’I Az-Zubaydi Al-Hasani mengumpulkan ciri-ciri sang Nabi saw. dalam kitab maulidnya yang terkenal (Maulid Ad-Diba’i), “Beliau saw itu selalu dipayungi oleh awan dan diikuti oleh kabut tipis, hidung beliau saw lurus dan indah, bibirnya bagaikan huruf Miim (kiasan bahwa bibir beliau tak terlalu lebar tak pula sempit dan sangat indah), kedua alisnya bagaikan huruf Nuun, (kiasan bahwa alis beliau itu tebal dan sangat hitam dan bersambung antara kiri dan kanannya)”.

Dari Abi Jahiifah ra., “Para sahabat berebutan mengambil telapak tangan beliau dan mengusapkannya di wajah mereka, ketika kutaruh telapak tangan beliau  di wajahku, ternyata telapak tangan beliau lebih sejuk dari es dan lebih wangi dari misik.” (HR.Bukhari no.3360).

0 Response to "POTRET KEHIDUPAN NABI MUHAMMAD SAW"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel