Recent Posts

APAKAH ITU JIHAD YANG SESUNGGUHNYA

                

 Menurut pengertian bahasa, Jihad berasal dari kata jahada-yajhadu-jahdan, yang berarti kemampuan, atau mengeluarkan sepenuh tenaga dan kemampuan dalam mengerjakan sesuatu. Kata jihad juga berasal dari kata jahdan, yang berarti kesukaran yang untuk mengatasinnya harus di lakukan dengan sungguh-sungguh. Jihad juga berarti perang.
                Demikianlah keterangan dari wahbah al-Zuhaili dalam kitab al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu. Singkatnya, menurut pengertian bahasa, jihad berarti bekerja keras, bersungguh-sungguh, mengerahkan seluruh kemampuan untuk menyelesaikan suatu masalah atau mencapai tujuan yang mulia.
                Menurut Al Raghib Al Isfahani dalam kitab Mu’jam Mufradat lil fadz Al qur’an dijelaskan bahwa yang dimaksud dengan jihad adalah mengerahkan segala kemampuan untuk menangkis serangan dan menghadapi musuh yang tidak tampak, yaitu hawa nafsu setan dan musuh yang tampak yaitu orang kafir yang memusuhi islam. Jihad dalam pengertian ini tidak hanya mencakup pengertian perang melawan musuh yang memerangi islam tetapi lebih luas lagi, jihad berarti berusaha sekuat tenaga dan kemampuan untuk mengalahkan nafsu setan dalam diri manusia.
               Selain pengertian diatas, para fuqaha (ahli figh) mengartikan jihad sebagai upaya mengerahkan segenap kekuatan dalam perang fi sabilillah, baik secara langsung maupun dalam bentuk pemberian bantuan keuangan, pendapat atau penyediaan logistik dan lain-lain untuk memenangkan peperangan (Ibn Abidin, hasyiyah Ibn Abidin, III/336). Senada dengan Ibn Abidin, An Nabhani dalam Asy Syakhsiyah Al Islamiyyah, II/53 mendefinisikan jihad sebagai perang terhadap orang-orang kafir untuk meninggikan kalimat Allah.
               Dalam Alquran, kata jihad dalam berbagai kata bentuknya disebutkan sebanyak 41 kali. Dari beberapa ayat tersebut, jihad dapat berarti perjuangan yang berat, mengerahkan segenap kemampuan untuk meraih suatu tujuan dan berperang.. Jihad yang berarti berperang lebih banyak disebutkan dengan kata qital, hanya sebagian kecil yang disebutkan dengan kata jihad. Jihad dalam pengertian pertama bekerja keras dengan seluruh kemampuan antara lain disebutkaan dalam firman Allah:
               ”Apabila keduannya (ibu bapak) berjihad (bersungguh-sungguh hingga letih memaksamu) untuk mempersekutukan aku dengan sesuatu yang tidak ada bagimu pengetahuan tentang itu (apalagi jika kamu telah mengetahui bahwa Allah tidak boleh dipersekutukan dengan sesuatu apapun), jangan taati mereka, namun pergauli keduannya di dunia dengan baik.” (QS Luqman [31] :15).
               Sedangkan jihad yang berarti berperang antara lain disebutkan dalam firman Allah, surat Al Baqarah ayat 190: ”Dan perangilah di jalan Allah orang-orang yang memerangi kalian, tetapi janganlah kalian melampaui batas, karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.” (QS Al Baqarah [2]: 190).

               Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa jihad adalah usaha yang sungguh-sungguh dengan segenap kemampuan untuk mencapai tujuan yang luhur di jalan Allah. Jihad dapat dilakukan dengan bekerja keras melawan hawa nafsu yang menghaancurkan dan menjerumuskan manusia kepada ke-binasaan. Jihad dalam bentuk perang diijinkan oleh Allah demi menjaga kehormatan, harkat dan martabat manusia dan kaum muslimin.

0 Response to "APAKAH ITU JIHAD YANG SESUNGGUHNYA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel