Recent Posts

3 SEMANGAT BERPADU DI BULAN MAULUD RASULILLAH


Semua kejadian-kejadian agung yang merupakan kebangkitan risalah berpadu pada hari kelahiran Rasulullah saw.. Kelahiran beliau adalah lambang seluruh kebangkitan Islam, lalu hari hijrah beliau saw. yang merupakan lambang semangat tersuci dalam Islam, yaitu berpadunya semangat Muhajirin yang meninggalkan kampung halamannya tercinta ke negeri asing, dan semangat Anshar yang menerima tamu-tamu asing untuk berbagi harta dan rumah mereka. Dua semangat agung dari toggak risalah ini berpadu pada hijrah Rasulullah saw. yang juga terjadi pada Senin 12 Rabiul Awwal.
Kemudian hari wafatnya Rasul saw yang juga pada senin 12 Rabiul Awwal, hari wafatnya Rasulullah saw. merupakan Hari Kebangkitan Semangat terdahsyat setelah wafatnya Rasul saw. Saat itu para sahabat berpecah belah dan putus asa, namun di hari itu pula, saat jenazah rasul saw masih terbujur, maka bangkitlah Da'i Agung, Sayyiduna Abubakar Shiddiq yang berpidato membangkitkan semangat Muhajirin dan Anshar agar tak putus asa, maka bangkitlah semangat mereka.

Tiga kejadian besar berpadu pada 12 Rabiul Awwal, yakni kelahiran Sang Nabi saw. yang mengawali kebangkitan Risalah, kemudian peristiwa Hijrah yang mengawali penyebaran risalah dan kekuasaan Islam, dan peristiwa wafatnya Rasulullah saw. yang melambangkan kebangkitan semangat para sahabat untuk terus berjuang dan setia pada perjuangan Nabi mereka.

Alasan inilah yang menyebabkan para pembesar ulama mengambil munasabah 12 Rabiul Awwal dengan perayaan, Medan Tabligh, medan pembangkit semangat muslimin untuk kembali pada Panji Rasulullah saw., nama Rasulullah saw. di elu-elukan, dipuji, dimuliakan, sejarahnya dibacakan, semua itu demi menyemangati muslimin agar kembali beridolakan Sang Nabi saw. sebagaimana para sahabat radhiyallahu'anhum.
Agar para pemuda lebih suka mengelu-elukan nama Baginda Nabi Muhammad dan lebih merindukan wajah Nabi Muhammad daripada wajah-wajah idola di televisi yang tak pernah bersujud kepada Allah swt.

Wahai para pemuda, katakanlah: INILAH AKU YANG MENGIDOLAKAN RASULULLAH!!!

0 Response to "3 SEMANGAT BERPADU DI BULAN MAULUD RASULILLAH"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel